Penyebab Motor Beat Ngeden dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Motor Beat Ngeden dan Cara Memperbaikinya- Punya pengalaman kemarin motor beat saya kok ngeden ya? Saat ngegas mau nanjak dikit aja ngedennya minta ampun. Keadaan kayak gini sangat merepotkan apalagi ketika kita buru-buru. Mau nyalip kendaraan didepan jadi ngeri dan malah membahayakan.

Akhirnya saya pergi ke bengkel, dan kata si abang bengkel harus diganti filternya. Semula saya menebak karbu yang ada masalah. Sebab kalau karbu kotor atau ada masalah biasanya motor juga ngeden.
Penyebab Motor Beat Ngeden dan Cara Memperbaikinya

Dan akhirnya si abang bengkel mengganti FILTER motor beat saya. Dan setelah diganti dan saya tes ternyata motor saya kembali normal, tidak ngeden lagi. Jadi si abang bengkel itu bener masalah motor beat ngeden itu solusinya ganti filter.

Jadi kalau ada yang punya masalah motor beat ngeden kayak yang saya alami, salah satu penyebabnya adalah Filter yang sudah perlu di ganti. Solusinya ya harus menggantinya dengan Filter yang baru.

Mari kita cari tahu, apa fungsi dari Filter pada motor honda beat tersebut?
Filter pada motor matic memiliki dua, yakni Filter Udara yang tersambung pada alat pengkabutan (Karburator) dan yang satunya terdapat dibagian blok mesin kiri. Pada Honda BeAT, filter udara yang digunakan adalah tipe kertas basah. Sama seperti motor-motor baru kebanyakan. Filter udara tipe basah ini punya keunggulan bila dibandingkan dengan filter udara busa, yaitu pori-porinya berukuran lebih kecil daripada filter busa. Sehingga dapat lebih baik dalam proses penyaringan udara.

Perawatannya, filter udara tipe kertas yang dipakai di Honda BeAT, harus diganti secara berkala tiap 15.000 km,jangan membersihkan filter udara secara manual. Adanya oli khusus yang melapisi filter kertas membuat filter kertas tidak dapat dibersihkan dengan dilap ataupun disemprot kompresor. Karena kandungan olinya bisa hilang dan akibatnya penyaringan menjadi terganggu. Makanya maksimal 15.000 (15.000 kilometer itu sekitar satu sampai satu setengah tahun) Harga filter udara tipe basah yang digunakan di Honda BeAT ini juga tidak terlalu mahal. Cuma Rp 43 ribu, kemarin yang saya beli Rp.50.000

Akibat yang disebabkan oleh masalah Filter antaralain:
1. Tarikan motor terasa berat, bahkan sampai ngeden
2. Bensin jadi boros
3. Tersendatnya napas ketika RPM tinggi


Lihat Motor Unik Disini

7 Responses to "Penyebab Motor Beat Ngeden dan Cara Memperbaikinya"

  1. Apa iya ngaruh ya? Soalnya motor beat ane tarikan awal ngeden bgt, tp kalo udah jalan mulus dan enteng bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bro, motor beat ane juga ngeden tarikan awalnya. rencana besok mau tak servis. maklum sudah 6 bulan ga ganti oli dan ga di servis. hehehe

      Hapus
    2. Sama mtor sya juga gitu
      Smakin panas smakin menonjol ngosong nya kayak ada jeda
      tapi klo dingin normal
      maslahnya dimna gan?

      Hapus
  2. kalo motor saya ko gas nya gabisa full terus cuman sampe 60 doang?

    BalasHapus
  3. Anjir 6 bulan belum ganti oli yah wajar aja bro kwkw suka ngaco lu ya

    BalasHapus
  4. Kalo ane dari tahun 2016 punya beta baru kali ini masalah di ngeden pas putaran bawah itu bisa karna injeksinya belum di servis kali ya?

    BalasHapus

wdcfawqafwef