Kerusakan yang sering terjadi pada motor Honda Beat

Kerusakan yang sering terjadi pada motor Honda Beat - Enaknya motor matic gak ribet ngoper gigi, tinggal starter dan duduk mengemudi. Dan Honda beat menjadi salah satu matuc pavorit saya, sebab bentuknya yang ramping cocok dengan postur saya yang juga ramping (baca: kecil). Tapi belakangan saya sering sekali menemukan masalah pada motor beat kesayangan saya tersebut, jadinya saya sering sekali mondar mandir ke bengkel.
Beberapa masalah yang sering saya temui pada motor beat saya adalah

1. Motor tidak bisa di starter. Kalau yang ini setelah saya tanya-tanya dan dibawa ke orang bengkel, ternyata akinya sudah soak. Setelah di ganti starter pun bisa kembali oke. Motor saya selama hampir 3 tahun, sudah 3 kali ganti aki. Berarti durasi aki di motor saya sekitar setahunan.

2. Motor tidak bisa di starter tidak bisa di selah. Pertamanya sih saya nyangka pasti akinya sudah soak. Maka saya coba selah dulu, biasanya motor nyala.Tapi setelah di selah berkali-kali motor tidak mau hidup. Dan setelah di bawa ke bengkel ternyata selang tangki bensinya terhambat, setelah di betulin, motor kembali bisa di starter.

3. Motor tidak bisa langsam, kalau langsam langsung mati. Penyakit ini sering saya temui di motor beat saya. Solusi dari bengkel sih dibersihin karburatornya, setelah di bersihin motor jadi oke lagi. Tapi kalau setelah di bersihin ternyata motor masih ngadat, ketika langsam langsung mati, maka solusi berikutnya cek selang bensin. Biasanya sih karena usia selang sudah tua berakibat pada terhambatnya aliran bensin ke mesin. Coba deh di benerin selangnya, biasanya sih setelah di benerin motor langsung oke.

4. Klakson honda beat sering mati.Ini biasanya disebabkan oleh putusnya kabel klakson, atau ada yang kendor pada kabel tersebut. Kalau sudah dibenerin biasanya oke lagi. Atau mungkin speaker klaksonnya sudah tua.

5. Kalau di selah suka bunyi ledakan. Ini terjadi lantaran karburator kotor atau bocor, kenalpot bocor, busi, atau saluran udara kemesin bermasalah. Coba cek satu-satu kemudian hidupkan kembali motor, biasanya sih langsung oke

6. Sobreker bocor. Untuk yang ini sifarnya kasuistik tergantung medan yang sering dilalui si motor. Khusu untuk kasus saya, lantaran medannya lumayan berat, sobreker motor beat saya cuma bertahan selama 1,5 tahun dan harus diganti.

7. Tarikan awal mberebet. Yang ini juga sering dialami motor beat. Kata bengkel sih karet karburatornya sudah tidak lentur lagi, alias kudu diganti. Dan setelah diganti, motor jadi oke lagi.




Lihat Motor Unik Disini

16 Responses to "Kerusakan yang sering terjadi pada motor Honda Beat"

  1. Kadang aku bingung sepeda anyar kok matian. Padahal baru 6 bulan..

    BalasHapus
  2. Honda beat fi saya tdk langsam apalagi kalau mesin sudak panas pasti jalannya brebet langaam,brebet langsam gitu terus menerus padahal bahan bakar yg saya gunakan pertalite

    BalasHapus
  3. Iya sama kejadiannya sm sy,pdhl jg pakai bhn bakar pertalite.jadi kecewa nih sbg konsumen.mtr beat sy umurny br 2,5 ud bnyak trobel...

    BalasHapus
  4. Barusan beat 2010 ane distater ga mau dan diselah jg ga mau, tumben2 an kaya gini ane bawa kebengkel tetangga ane ehh cuma diselah ama dia langsung nyala , distater jg jd bisa ane tanya katanya mesin cuma dingin aja blom panas, lah aneh jg niy motor padahal biasanya ga dinyalain seminggu aja msh gampang dinyalain,

    BalasHapus
  5. Barusan beat 2010 ane distater ga mau dan diselah jg ga mau, tumben2 an kaya gini ane bawa kebengkel tetangga ane ehh cuma diselah ama dia langsung nyala , distater jg jd bisa ane tanya katanya mesin cuma dingin aja blom panas, lah aneh jg niy motor padahal biasanya ga dinyalain seminggu aja msh gampang dinyalain,

    BalasHapus
  6. ane juga kecewa kpda mekanis bengkel ahass, motor ane baru 1 th niat hati sih mau ngambil gratisan servis yg terakhir..sebelum ane servis si beat ane normal lancar2 aja..ehhh setelah ane servis yg terakhir malah gk mau nyala..kata nya si kompresi hilang..di ganti busi baru juga ttp gk mau nyala, bisa nyala tp tuas gas harus di tarik dan di kick starter baru bisa nyala...

    apa gara2 gratisan mereka se enak nya ya :v

    BalasHapus
  7. bener banget, beat kadang rewel sekarng nih motor beat ane, klaksonnya mati lagi mati lagi padahal baru ganti. tarikannya udah brebet, padahal belom lama ganti saringan. hadoooh......

    BalasHapus
  8. Benar tu motor metik rewel, sekarang aja motor beat saya kalo lagi panas suara nya jadi kasar

    BalasHapus
  9. Mtor beat sya klok d pakek boncengan gasnya ngadat ngadat kalok jalan apalagi kalok kecepatan 20. Trus kalok gk d gas, mesinnya mati.tp kalok d pakek boncengan doang.

    BalasHapus
  10. Mtor beat sya klok d pakek boncengan gasnya ngadat ngadat kalok jalan apalagi kalok kecepatan 20. Trus kalok gk d gas, mesinnya mati.tp kalok d pakek boncengan doang.

    BalasHapus
  11. ane baru siap cuci karbulator.bersihin selang minyak dan pada akhr nya,motor ane tetap ngandat.sering mledup2.kasih solusi donk min.

    BalasHapus
  12. handa metic saya susah nyla wktu di star kenapa om kolo bisa jwab lansung di bls

    BalasHapus
  13. ada yg prnah ngerasain gas motor beat ngempos saat ditarik gasnya malah mati mesinnya? itu knpa ya?

    BalasHapus
  14. Motor ane kalau tarikan awal bergetar, setelah servis dan ganti plat kopling dan tetek bengek menghabiskan biaya hampir satu juta masih bergetar. Kenapa ya???

    BalasHapus
  15. Motor beat fi saya kok suka nembak nembak ya knalpotnya,make knalpot standar juga sama aja,kira kira cara ngatasinya gimana agan-agan?risih soalnya...

    BalasHapus
  16. saya juga pernah mengalami honda beat mogok, starter susah nyala..
    solusinya saya tuliskan di artikel saya ini
    https://www.kirimartikel.com/2019/06/solusi-honda-beat-mogok-starter-tidak.html
    semoga bisa bermanfaat dengan saling bertukar informasi.

    BalasHapus

wdcfawqafwef