Rem Terasa Keras Tidak Mebal Ternyata Klahar (Bearing) Rusak

Minggu kemarin motor beat saya masuk bengkel juga setelah sekian lama gak dipeulikan. Masuk bengkel juga lantaran keadaan sudah sangat darurat, dan jika dipaksakan bisa membahayakan si empunya tentnya. Dan setelah dicek sama si abang bengkel ternyata klahar motor beat saya sudah ancur.

Ancur? Ya bener, udah parah. Awalnya setiap saya narik gas kedenger suara brisik dibagian belakang, saya pikir itu bunyi spakbor atau kaleng nomor seri motor. tapi setelah dicek kedua benda tersebut tidak terlihat ada masalah.

Rem Terasa Keras Tidak Mebal Ternyata Klahar (Bearing) Rusak

Dan masalah mulai terdeteksi ketika tiba-tiba pegangan rem pas di tekan tidak balik lagi, alias tidak mebal. Karena kalau dibiarkan ini bisa membahayakan akhirnya saya terpaksa mampir ke bengkel. Penyebab Motor Beat Ngeden dan Cara Memperbaikinya

Kata si abang bengkel, oli kalaharnya sudah habis. Padahal saya curiga, kalo masalahnya bukan cuma di oli, sebab terlihat ada tetesan di bagikan poros kalhar tersebut. Tapi siabang kekeh ini cuma olinya.

Dan dugaan saya gak meleset setelah diisi oli, kemudian saya berjalan beberapa meter akhirnya saya yakin ini masalahnya ada di daleman poros roa belakang saya. Indikasi kuatnya yaitu tadi remnya mandek. Maka mampirlah saya kebengkel berikutnya, dan setelah dicek telaten siabang ini mengatakan bahwa klahar motor beat saya rusak. Maka dibukalah bagian klaar tersebut, dan bener saja klaharnya rusakparah.

Pengalaman ini jadi ibroh nih buat temen-temen yang siapa tau bakal ngalamin persoalan rem mandek, itu bisa menjadi sinyal ada kerusakan pada bagian bearing motor.

Sebagai info tambahan bahwa;
Bearing atau laher merupakan komponen penghubung antara tromol dengan as roda sehingga memungkinkan roda untuk berputar dengan bebas. Bearing ini juga berfungsi untuk meredam kejutan yang dialami oleh roda sehingga apabila kendaraan sering melintas di jalan yang jelek, maka bearing menjadi cepat rusak.

Dan Ciri-ciri bearing yang mengalami kerusakan adalah roda terasa bergoyang ketika kendaraan sedang berjalan, kadang-kadang terasa seperti ada bunyi dari gesekan. Untuk penggantian bearing lebih bagus jika diganti sepasang sekaligus. Baca juga: Penyebab Motor Tidak Bisa Di Starter dan Cara Memperbaiki Starter Motor Honda Beat

Nah itu, semoga jadi manfaat buat yang baca.

Lihat Motor Unik Disini

1 Response to "Rem Terasa Keras Tidak Mebal Ternyata Klahar (Bearing) Rusak"

  1. The first sportsbook online, the first casino you can bet on
    There is currently no 시흥 출장샵 online sportsbook in the US that 전라남도 출장안마 is legal. in 안성 출장샵 sports 대전광역 출장안마 betting, as well as a 시흥 출장안마 lot of other types of betting games such as sports betting

    BalasHapus

wdcfawqafwef